Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 3 Majene melalui penggunaan pendekatan reciprocal teaching. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas berdasarkan identifikasi masalah yang terjadi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dari penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, data hasil belajar dan angket respon. Penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas pembelajaran peserta didik melalui pengamatan 3 observer yang melibatkan guru biologi SMA Negeri 3 Majene dan 2 Mahasiswa PPG Prajabatan Tahap II (2) adanya peningkatan hasil belajar dengan rata-rata pada siklus 1 69,4% dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 72% meningkat pada siklus 2 menjadi 77,32% dengan ketuntasan 92%.
Copyrights © 2023