Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 2 Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning

Fadilla Safitriani (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Yusmina Hala (Jurusan Biologi-Universitas Negeri Makassar)
Fatma Fatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian terdiri dari 17 peserta didik kelas XI IPA2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan tatap muka. Metode pengumpulan data menggunakan format kegiatan Lesson Study, yang meliputi: 1) perencanaan tindakan (plan), 2) pelaksanaan kegiatan (do), dan 3) pengamatan serta refleksi tindakan (see).Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Analisis hasil belajar pada setiap siklus mengindikasikan bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 24% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 62. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II, dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 88%, dan rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 79.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...