Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian terdiri dari 17 peserta didik kelas XI IPA2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan tatap muka. Metode pengumpulan data menggunakan format kegiatan Lesson Study, yang meliputi: 1) perencanaan tindakan (plan), 2) pelaksanaan kegiatan (do), dan 3) pengamatan serta refleksi tindakan (see).Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Analisis hasil belajar pada setiap siklus mengindikasikan bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 24% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 62. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II, dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 88%, dan rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 79.
Copyrights © 2023