Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Teknologi Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 1 Bulukumba

Arsy Rohayunilla (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Nurhayati B (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Jafar (SMA Negeri 1 Kota Bulukumba)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Teknologi Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 1 Bulukumba”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (class room action research) atau PTK. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bulukumba yang dimulai pada bulan Juni 2023 dan berakhir pada bulan Agustus 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 6 SMA Negeri 1 Bulukumba semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 orang. Sedangkan untuk objek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI 6 melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan teknologi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan, pada siklus I hasil belajar yang diperoleh kelas XI 6 sebesar 94% yang tuntas dan 6% yang belum tuntas kemudian pada siklus II persentase hasil belajar peserta didik yang masuk kategori tuntas sebesar 97% dan 3% peserta didik masuk kategori tidak tuntas. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Teknologi dikatakan berhasil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...