Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas IX E di UPT SPF SMPN Negeri 10 Makassar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Two stay two stray. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IX E yang berjumlah 27 orang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu p erencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi peserta didik kelas IX E di UPT SPF SMPN Negeri 10 Makassar dimana rata-rata peningkatan motivasi belajar sebanyak 34.4% dari siklusI ke siklus II; 2) terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar biologi peserta didik IX E di UPT SPF SMPN Negeri 10 Makassar dari siklus I ke siklus II sebanyak 40%.
Copyrights © 2023