Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Luwu Timur

Ersa Rana (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Faisal (Unknown)
Ema Selfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 8 Luwu Timur yang berjumlah 33 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar yang diperoleh peserta didik yaitu 23% tuntas dan 77% belum tuntas. Sementara itu pada siklus II, persentase hasil belajar peserta didik mengalami perubahan menjadi 85% tuntas dan 15% belum tuntas. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 62%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 8 Luwu Timur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...