Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan TPACK pada Peserta Didik Kelas VIII.D

Annisa Maulidia (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Arie Arma Arsyad (Unknown)
Sukmawaty Rahman (Unknown)
Sri Yuniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII.D UPT SPF SMPN 52 Makassar melalui penerapan model discovery learning. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.D UPT SPF SMPN 52 Makassar sebanyak 30 orang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Hopkins yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian adalah lembar observasi yang terdiri dari 6 indikator penilaian. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Tindakan pada siklus 1 yaitu penerapan model discovery learning dengan pendekatan TPACK berbantuan metode praktikum, dan tindakan pada siklus 2 yaitu penerapan model discovery learning dengan pendekatan TPACK dengan berbantuan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kerjasama pada siklus 1 sebesar 43.33 (kategori rendah), siklus 2 sebesar 90.17 (kategori tinggi), dengan persentase peningkatan sebesar 83.1%. Hasil tersebut menunjukkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII.D UPT SPF SMPN 52 Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...