Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII.D UPT SPF SMPN 52 Makassar melalui penerapan model discovery learning. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.D UPT SPF SMPN 52 Makassar sebanyak 30 orang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Hopkins yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian adalah lembar observasi yang terdiri dari 6 indikator penilaian. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Tindakan pada siklus 1 yaitu penerapan model discovery learning dengan pendekatan TPACK berbantuan metode praktikum, dan tindakan pada siklus 2 yaitu penerapan model discovery learning dengan pendekatan TPACK dengan berbantuan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kerjasama pada siklus 1 sebesar 43.33 (kategori rendah), siklus 2 sebesar 90.17 (kategori tinggi), dengan persentase peningkatan sebesar 83.1%. Hasil tersebut menunjukkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII.D UPT SPF SMPN 52 Makassar.
Copyrights © 2023