Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Pembelajaran IPA

Darmawati (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah Hasyim (Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Asri (SMPN 6 Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Makassar dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Makassar yang berjumlah 43 peserta didik yang terdiri dari 25 peserta didik perempuan dan 18 peserta didik laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil belajar peserta didik dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 80 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I dan siklus II hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal pada siklus I, dan II yaitu 62,79% dan 86,04%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meingkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...