Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Makassar dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Makassar yang berjumlah 43 peserta didik yang terdiri dari 25 peserta didik perempuan dan 18 peserta didik laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil belajar peserta didik dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 80 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I dan siklus II hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal pada siklus I, dan II yaitu 62,79% dan 86,04%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meingkatkan hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024