Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya dengan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 26 Makassar sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari 2. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil pada siklus I, II dan III apakah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar secara beriringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Ketercapaian hasil belajar pada siklus I sebesar 22% dengan nilai rata-rata kelas 49.06 meningkat pada siklus 2 menjadi 56% dengan nilai rata-rata kelas 65.31 pada siklus II dan peningkatan pada siklus III 91% dengan rata-rata 77.5. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan lingkungannya.
Copyrights © 2024