Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 26 Makassar Melalui Metode Pembelajaran Variatif Pada Materi Sistem Organ

Nurlathifah Jamaluddin (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Nurhayati (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Sitti Marliyah (SMPN 26 Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran variatif. Melalui penggunaan metode yang variatif diharapkan dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan serta mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar peserta didik secara optimal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-8 SMPN 26 Makassar tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang terdiri dari 12 perempuan dan 17 laki-laki. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang variatif pada materi sistem organ dapat meningktkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-8 SMPN 26 Makassar dengan hasil yang penelitian menunjukkan bahwa pesentase ketuntasan peserta didik tiap siklus meningkat yaitu pada siklus pertama sebanyak 79,31% dan meningkat pada siklus kedua sebanyak 86,62%. Aktivitas peserta didik pada materi sistem organ kelas VIII SMPN 26 Makassar dengan persentase siswa aktfi dari rata-rata 69,42% peserta didik sangat aktif pada siklus pertama menjadi rata-rata 82,95% peserta didik aktif sangat aktif pada siklus kedua. Jadi, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif pada materi sistem organ dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 26 Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...