Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui metode pembelajaran variatif. Melalui penggunaan metode yang variatif diharapkan dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan serta mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar peserta didik secara optimal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-8 SMPN 26 Makassar tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang terdiri dari 12 perempuan dan 17 laki-laki. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang variatif pada materi sistem organ dapat meningktkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-8 SMPN 26 Makassar dengan hasil yang penelitian menunjukkan bahwa pesentase ketuntasan peserta didik tiap siklus meningkat yaitu pada siklus pertama sebanyak 79,31% dan meningkat pada siklus kedua sebanyak 86,62%. Aktivitas peserta didik pada materi sistem organ kelas VIII SMPN 26 Makassar dengan persentase siswa aktfi dari rata-rata 69,42% peserta didik sangat aktif pada siklus pertama menjadi rata-rata 82,95% peserta didik aktif sangat aktif pada siklus kedua. Jadi, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif pada materi sistem organ dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 26 Makassar.
Copyrights © 2024