Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 5 SD Negeri Kedungmutih dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) pada Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus di kelas 5 SDN Kedungmutih. Penelitian ini dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis terhadap perencanaan, pelaksanaan, serta hasil pembelajaran SBdP yang melibatkan kegiatan kreatif seperti membuat anyaman kertas, menggambar dan mewarnai, serta mengolah daun kering menjadi kerajinan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa setelah diterapkan program pembelajaran SBdP berbasis proyek. Pembelajaran yang melibatkan praktek langsung dapat merangsang imajinasi dan keterampilan siswa dalam menciptakan karya seni yang beragam. Selain itu, kegiatan ini memberikan manfaat dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran SBdP berbasis proyek pada Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kreativitas siswa. Diharapkan, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024