Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mencari dan menguji secara empiris pengaruh pertumbuhan laba, pertumbuhan penjualan, likuiditas dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan Sektor Barang Konsumer Primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 - 2023. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 125 perusahaan sektor barang konsumer primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2023 dengan sampel yang terpilih sebanyak 35 perusahaan. Dengan total pengamatan 5 tahun maka diperoleh sebanyak 175 sampel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan metode purposif sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengujian dalam penelitian ini manggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dengan melakukan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2) untuk menguji pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen dan pengaruh variabel moderasi. Temuan dalam penelitian antara lain adalah bahwa pertumbuhan laba dan risiko bisnis tidak berpengaruh signifikas pada nilai perusahaan, sedangkan pertumbuhan penjualan dan likuiditas mempunyai berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan juga mampu memoderasi pengaruh pertumbuhan laba dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan sedangkan pada hubungan antara pertumbuhan penjualan dan likuiditas ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan tersebut.
Copyrights © 2024