Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 3 (2024): Edisi September - Desember 2024

STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA PANTAI TELUK NIPAH, KALIANDA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Dewi, Ade Sandra (Unknown)
Oloan, Agustinus (Unknown)
Saputra, Ibrohim (Unknown)
Gaol, Rotua Astrina Lamban (Unknown)
Arion, M Refi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis persepsi masyarakat Desa Bulok, Kalianda terhadap promosi dan daya tarik Pariwisata Pantai Teluk Nipah, Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penilitian ini meliputi survei di tempat, wawancara mendalam, dan penerapan konsep 4A (attraction, accessibility, amenity, ancillary) + 3P (price, place, promotion). Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer dan sekunder yang dipergunakan dalam penilitian ini. Data primer ialah data yang diperoleh dari masyarakat Desa Bulok, Kalianda terhadap promosi dan daya tarik Pariwisata Pantai Teluk Nipah, Lampung Selatan. Sementara data sekunder yaitu, data yang didapatkan dari referensi pustaka dari jurnal, website, dan sumber lainnya. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden setuju bahwa promosi sangat diperlukan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap Pantai Teluk Nipah. Selain itu, iklan dan konsep promosi dinilai penting untuk menarik wisatawan. Informasi dari mulut ke mulut juga dianggap efektif dalam mempromosikan destinasi ini. Peran serta masyarakat dan hubungan baik antara pengelola dan masyarakat dianggap krusial. Evaluasi daya tarik wisata Pantai Teluk Nipah menunjukkan beragam kegiatan, tempat menarik, dan fasilitas yang dapat meningkatkan pengalaman wisatawan. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan persepsi masyarakat terkait promosi dan pengembangan Pariwisata Pantai Teluk Nipah, serta memberikan dasar untuk strategi pemasaran dan pengelolaan yang lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...