Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh kepemimpinan melayani terhadap loyalitas karyawan dengan kepuasan kerja karyawan sebagai variabel mediasi pada karyawan Bank Mandiri. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 142 orang. Populasi yang digunakan adalah karyawan tetap yang bekerja di KCP Bank Mandiri di Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan kepemimpinan melayani mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas karyawan Bank Mandiri dan kepemimpinan melayani berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja karyawan Bank Mandiri. Hasil dari penelitian ini memiliki makna yaitu semakin baik gaya kepemimpinan melayani maka akan meningkatkan loyalitas karyawan yang dapat dimediasi oleh kepuasan kerja pada karyawan KCP Bank Mandiri di Kota Bandung.
Copyrights © 2024