Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Melayani Terhadap Loyalitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Bank Mandiri di Kota Bandung

Marcelino Fredrik Baskara, Alfonsus (Unknown)
Bangun, Wilson (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh kepemimpinan melayani terhadap loyalitas karyawan dengan kepuasan kerja karyawan sebagai variabel mediasi pada karyawan Bank Mandiri. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 142 orang. Populasi yang digunakan adalah karyawan tetap yang bekerja di KCP Bank Mandiri di Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan kepemimpinan melayani mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas karyawan Bank Mandiri dan kepemimpinan melayani berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja karyawan Bank Mandiri. Hasil dari penelitian ini memiliki makna yaitu semakin baik gaya kepemimpinan melayani maka akan meningkatkan loyalitas karyawan yang dapat dimediasi oleh kepuasan kerja pada karyawan KCP Bank Mandiri di Kota Bandung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...