Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Analisa Handling Complaint Front Office di The Apurva Kempinski Bali

Thania Indahwati Chandra (Universitas Ciputra)
Christy Widyawati (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Pelayanan di hotel adalah suatu bentuk seni. Staffnya yang selalu ramah dan tersenyum membuat tamu merasa istimewa. Namun, di hotel terkadang tidak lepas dari masalah dan keluhan. Oleh karena itu, penanganan keluhan yang baik sangat diperlukan oleh sebuah hotel dan departemen yang paling sering berhadapan dengan hal itu adalah front office. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Handling Complaint Front Office di The Apurva Kempinski Bali. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Reduksi data dilakukan dengan merangkum, memilih, dan mencatat data penting yang diperoleh dari lapangan agar menjadi informasi yang akurat. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja departemen front office dalam menangani keluhan tamu sudah sangat baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya review positif yang berasal dari tamu di OTA dan sesuai data GRI (Global Review Index). Kesimpulan dari penelitian ini merupakan kinerja front office The Apurva Kempinski Bali yang baik, didukung oleh berbagai faktor seperti sistem yang mempertahankan kualitas complaint handlingtim dan pelatihan yang menjaga kualitas dari pelayanan staff.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...