Latar Belakang: Pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting di madrasah sebagai upaya pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Namun, keterampilan berbicara bahasa Arab sering menjadi tantangan karena keterbatasan metode dan media pembelajaran Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk mengukur efektivitas penggunaan media kartu kosakata sebagai alat bantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas IX A di MTs Miftahul Ulum Anggana Metode: Dalam penelitian ini, diterapkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus berturut-turut. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, serta refleksi untuk mengevaluasi hasil dan merencanakan langkah selanjutnya. Hasil: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata secara signifikan mendukung peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Arab. Kesimpulan: Hal ini ditunjukkan melalui hasil evaluasi pada setiap akhir siklus, yang memperlihatkan peningkatan kemampuan berbicara siswa secara bertahap dan konsisten. Media kartu kosakata terbukti efektif sebagai alat bantu visual yang meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab secara bertahap. Penelitian ini merekomendasikan kombinasi kartu kosakata dengan metode pembelajaran lain untuk hasil yang lebih komprehensif.
Copyrights © 2024