Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA BANDUNG

Wahid, Abdulrahman (Unknown)
Ratnamurni, Elis Dwiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Peningkatan pengguna smartphone Xiaomi tidak selalu menunjukan peningkatan Index Top Brand Award untuk beberapa merek smartphone. Xiaomi merupakan salah satunya yang mengalami penurunan index sebesar 0,6% pada tahun 2023 di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepuasan pengguna smartphone merek Xiaomi dipengaruhi oleh kualitas produk yang dimediasi loyalitas pelanggan. Penelitian ini melibatkan 90 responden, yang terdiri dari pria dan wanita yang merupakan mahasiswa/i di Kota Bandung yang pernah menggunakan smartphone merek Xiaomi. Pengumpulan data primer dengan one-shot study untuk mendapatkan data empiris yang mendukung empat hipotesis yang diusulkan. Pengujian instrument penelitian menggunakan Uji validitas, reliabilitas, dan analisis data diuji menggunakan asumsi klasik dan regresi berganda, serta uji sobel dengan menggunakan software SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Namun, peneliti selanjutnya dapat menggunakan ide lain untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan secara langsung. Hasil penelitian ini juga dapat membantu para pengambil keputusan di perusahaan sejenis saat mereka membuat strategi atau program yang sesuai.

Copyrights © 2024