Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGELOLAAN KEUANGAN GENERASI Z: ANALISIS GAYA HIDUP DAN LITERASI KEUANGAN

Nurhidayanti. S (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya)
Sudarmi Sudarmi (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya)
Indah Syamsuddin (Universitas Bosowa)
Herminawaty Abubakar (Universitas Bosowa)
Fadel Fadel (Universitas Bosowa)
Zulfani Irliandani (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Generasi Z, sebagai generasi digital native, memiliki karakteristik unik dalam mengelola keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji gaya hidup dan literasi keuangan berpengaruh pada cara Generasi Z di Kota Makassar mengelola keuangan mereka dengan baik. Latar belakang penelitian ini didorong oleh gaya hidup konsumtif yang meningkat di kalangan generasi muda, serta kesadaran akan pentingnya literasi keuangan untuk mencapai kesejahteraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang merupakan mahasiswa aktif di beberapa perguruan tinggi swasta di Kota Makassar. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan literasi keuangan secara signifikan berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan Generasi Z. Semakin tinggi tingkat literasi keuangan, semakin baik pengelolaan keuangan yang dilakukan. Sebaliknya, gaya hidup konsumtif cenderung berdampak negatif pada pengelolaan keuangan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan literasi keuangan generasi Z melalui program edukasi yang relevan dan menarik. Selain itu, perlu adanya upaya untuk mengubah pola pikir konsumtif menjadi lebih rasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembuat kebijakan, lembaga pendidikan, dan pihak terkait lainnya dalam membuat program yang lebih baik untuk pengelolaan keuangan generasi Z di Kota Makassar.

Copyrights © 2024