Perilaku konsumtif merupakan kegiatan konsumsi barang dan jasa secara berlebihan dan tidak terencana, bahkan mungkin tidak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh life style, self control, penggunaan e-money dan Finacial literacy terhadap perilaku konsumtif mahasiswa melakukan online shopping. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya hidup (Life Style) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Kontrol diri (Self Control) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Penggunaan e-money secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Literasi keuangan (Financial Literacy) secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Sedangkan Gaya hidup (Life Style), Kontrol diri (Self Control), Penggunaan e-money dan literasi keuangan (Financial Literacy) secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam melakukan online shopping. Kata Kunci: Life Style, Self Control, E-Money; Financial Literacy, Perilaku Konsumtif ABSTRACT Consumptive behavior is the activity of consuming goods and services excessively and unplanned, perhaps not even needed in daily life. This research aims to determine the influence of life style, self-control, use of e-money and financial literacy on the consumer behavior of students doing online shopping. The sampling technique in this research used purposive sampling. The research sample consisted of 100 respondents who were students. Data collection uses questionnaires or questionnaires. Data analysis used multiple linear regression using the SPSS 25.0 program. The research results show that lifestyle partially has a significant positive effect on students' consumptive behavior in online shopping. Self-control partially has a significant negative effect on students' consumptive behavior in online shopping. Partial use of e-money has no effect on students' consumptive behavior in online shopping. Financial literacy partially has no effect on students' consumptive behavior in doing online shopping. Meanwhile, lifestyle, self-control, use of e-money and financial literacy simultaneously influence students' consumptive behavior in online shopping.
Copyrights © 2024