Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KULINER MELALUI PENDEKATAN MATRIK IFAS DAN EFAS DI KAWASAN ALUN -ALUN TRUNOJOYO KABUPATEN SAMPANG

Sejati, Hatta Dwi Danang (Unknown)
Irawati, S Anugrahini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan wisata kuliner di kawasan Alun-Alun Trunojoyo, Kabupaten Sampang, dengan menggunakan pendekatan matrik IFAS dan EFAS. Pendekatan ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan wisata kuliner di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penentuan variabel matrik IFAS dan EFAS diperoleh melalui hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan para informan. Diagram analisis SWOT digunakan dalam penentuan strategi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor Matrik IFAS adalah 3,17 dan total skor Matrik EFAS adalah 3,29. Berdasarkan hasil diagram SWOT, posisi kawasan wisata kuliner Alun-Alun Trunojoyo berada di kuadran satu, yang mendukung penerapan strategi pertumbuhan (growth strategy). Strategi ini diarahkan untuk memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dan peluang yang ada guna mengoptimalkan pengembangan kawasan wisata kuliner.

Copyrights © 2024