Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TELKOMSEL DI KOTA BANDUNG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Ramadhani, Zahira Hasna Aulia (Unknown)
Madiawati, Putu Nina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Telekomunikasi merupakan salah satu industri terbesar di Indonesia saat ini. Meningkatnya perkembangan telekomunikasi di Indonesia, menjadikan masyarakat secara tidak langsung diminta untuk memahami informasi yang beredar. Salah satu operator seluler terkemuka adalah Telkomsel, yang dikenal sebagai salah satu penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas konsumen Telkomsel di Kota Bandung melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Metode yang diterapkan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 96 sampel yang dipilih menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui distribusi kuesioner menggunakan platform Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) - Partial Least Squares (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen tidak berpengaruh secara signifikan, citra merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, dan harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.

Copyrights © 2024