Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama 2021-2022, dan didominasi oleh industri kosmetik UKM. Kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan kulit mendorong banyak perusahaan mengeluarkan produk baru termasuk PT XY yang memproduksi pembersih wajah X. Sebagai sebuah produk baru, penjualan produk selaam 2 tahun tidak seperti yang diharapkan, karena itu penting dikaji terkait berbagai faktor yang mempengaruhi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam adakah pengaruh brand awareness, kualitas produk dan harga produk pembersih wajah X terhadap keputusan pembelian serta peneliti ingin melihat faktor manakah yang dapat berdampak pada penjualan. Metode penelitian adalah deskriptif. Keterkaitan antara masing – masing variabel menggunakan analisis jalur/path analysis melalui program SPSS Ver.23. Analisis jalur diolah dengan regresi bertahap menggunakan program SPSS. Pengujian regresi tahap pertama adalah regresi linier. Jumlah responden sebanyak 64 orang, 20 orang (31,3%) perempuan, dan 44 orang (68,8%) laki-laki. Analisis data menunjukkan bahwa: (1) Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah X; (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah X; (3) Harga produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah X; (4) Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk pembersih wajah X; (5) Ada pengaruh yang signifikan brand awareness, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian. Perusahaan harus terus melakukan inovasi penjualan agar dapat mencapai target penjualan. Evaluasi tidak hanya berkaitan dengan produk, namun juga semua lini baik sumber daya manusia, proses bisnis, penetapn harga, dan strategi promosi agar perusahaan agar memaksimalkan nilai penjualan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024