Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol. 7 No. 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND ATTACHMENT TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PELANGGAN APOTEK SB)

Lila Quraisyin Taslim (Universitas Pancasila)
Faizatun Faizatun (Universitas Pancasila)
Iha Haryani Hatta (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Apotek sebagai unit bisnis harus mampu membuat branding yang baik sehingga konsumen mampu meletakkan brand apotek tersebut pada top of mind disaat mereka membutuhkan produk kesehatan ataupun obat-obatan. Perubahan struktur dari toko obat menjadi apotek membuat apotek SB harus melakukan rebranding terhadap profil bisnis. Hal ini dilakukan agar apotek mampu mempertahankan pelanggan lama mereka sekaligus menarik pelanggan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel brand image, brand attachment terhadap brand loyalty dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening pada pelanggan atau konsumen apotek SB. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan apotek SB berjumlah 100 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Brand attachment berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty; (2) Brand attachment secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Brand image secara langsung tidak berpengaruh terhadap brand loyalty, (4) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (5) Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty; (6) Brand attachment mampu memediasi pengaruh keputusan pembelian terhadap brand loyalty, (7) Brand image mampu memediasi pengaruh keputusan pembelian terhadap brand loyalty. Kata kunci: brand image, brand attachment, keputusan pembelian, brand loyalty.

Copyrights © 2024