Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 11 (2024): Action Research Literate

Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit: Literature Review

Dyah Ayu Sukmami (Universitas Sangga Buana, Indonesia)
Susilo Susilo (Universitas Sangga Buana, Indonesia)
Vip Paramarta (Universitas Sangga Buana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Kesehatan merupakan aspek yang penting dalam kehidupan manusia, rumah sakit sebagai salah satu institusi yang memberikan layanan kesehatan harus senantiasa memberikan yang terbaik kepada pelanggannya dalam hal ini pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan dan loyaitas pasien. Sehingga menjadi potret yang utuh untuk melihat faktor-faktor yang perlu ditingkatkan dalam mewujudkan kepuasan dan loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Metodologi yang dipakai dalam penulisan artikel ini adalah literature review dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan dan loyalitas pasien dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menggambarkan kemampuan rumah sakit dalam memberikan pelayanan, pemahaman, rasa aman dan nyaman serta dukungan fasilitas yang mendukung kesembuhan pasien. Kualitas pelayanan mencakup beberapa dimensi: tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...