ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan ICT Guru dalam implementasi mengajar di SMAN 10 Gowa (2) Bagaimana penggunaan ICT dalam meningkatkan inovasi pembelajaran Guru di SMAN 10 Gowa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data diperoleh dari tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan 6 informan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kemampuan guru dalam ICT sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan kondusif serta memberikan daya Tarik terhadap materi yang disiapkan. (2) Penggunaan ICT bagi seorang guru mempermudah untuk transfer pengetahuan kepada peserta didik melalui konten-konten yang menarik sehingga siswa bisa fokus terhadap materi yang disampaikan. Melalui literatur review dan analisis kritis dengan teori konflik, penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan dan penerapan kemampuan ICT dalam pendidikan. ICT memungkinkan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan kolaboratif, meningkatkan kompetensi dan keterampilan siswa serta penerapan Kemampuan ICT harus diiringi dengan pelatihan dan dukungan yang memadai bagi guru untuk mengatasi hambatan teknologis dan pedagogis
Copyrights © 2024