ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya pemerintah dalam pengembangan dan pengelolaan wisata di Desa Umpungeng, (2) keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan pariwisata di Desa Umpungeng, (3) peran sosial media dalam pengembangan pariwisata di Desa Umpungeng. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisis dan dituliskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Program pengembangan wisata yang telah diusulkan Pemda untuk destinasi wisata Umpungeng adalah; pengembangan kampung budaya, titik nol, wisata adventure, dan air terjun. (2) keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan pariwisata adalah diikutsertakannya masyarakat dalam pengambilan perencanaan pengembangan wisata di Desa Umpungeng. Selain itu, keterkaitannya juga dilakukan dengan ikut sertanya dalam pengembangan ekonomi seperti, jasa ojek, menjual oleh-oleh khas Umpungeng. (3) Promosi yang dilakukan dinas pariwisata adalah mempromosikan melalui FB, web, IG dan brosur. Peran sosial media sangat besar dibanding brosur, peningkatan pengunjung lebih pesat dari pada sebelum menggunakan sosial media sebagai media promosi.
Copyrights © 2021