ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman tata tertib siswa sebagai nilai budaya sekolah di SMA Negeri Matakali Kabupaten Polewali Mandar.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan penjelasan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan penelitian lapangan dengan metode observasi, pembagian angket dan dokumentasi, dengan melibatkan seluruh siswa dan siswa yang tercatat dalam daftar peserta didik di SMA Negeri Matakali Kabupaten Polewali Mandar yang terbagi dalam tiga jenjang kelas dan dua pembagian jurusan yaitu kelas sepuluh, sebelas dan dua belas dengan jurusan IPA dan IPS. Adapun dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Terdapan hubungan yang kuat dan signifikan antara tingkat pemahaman tata tertib sebagai nilai budaya siswa dengan perilaku siswa yang ada di SMA Negeri Matakali kabupaten Polewali Mandar .Tingkat pemahaman siswa terhadap tata tertib yang menjadi aturan sekolah di SMA Negeri Matakali di kategorikan kedalam indicator Paham, Siswa dapat menterjemahkana tata tertib,Menafsirkan dan mengekstrapolasi Tata Tertib yang berlaku di SMA Negeri Matakali.Perilaku siswa yang ada di SMA Matakali dikategorikan dalam tingkatan baik , Perilaku ini di tujukkan dalam bentuk kesadaran diri, ketaatan,Menjadikan Tata tertib sebagai alat pendiudikan secara formal yang di terapkan dalam lingkungan sekolah dan mematuhi segala bentuyk hukuman yang diberikan ketika siswa tersebut melanggar peraturan tersebut.
Copyrights © 2021