PT. Tri Satya Manggala merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang sektor penjualan sparepart mobil yang berada dikota medan. Perusahaan ini menjual beragam jenis sparepart mobil seperti as jantan, busi bakar, batok bolu assy, selongsong gerdang, shockbreker, shock betina, tapak kopling, rantai transfer dan masih banyak lainnya. Perusahaan ini dituntut untuk harus memenuhi kebutuhan konsumen dan perusahaan diharapkan mampu membuat suatu keputusan yang tepat dalam penentuan strategi penjualan yang dapat menarik perhatian dan minat konsumen untuk meningkatkan laba dan pemasukan bagi pihak perusahaan. Pemaparan masalah ini dapat diselesaikan dengan penerapan data mining dilaksanakan dengan metode k-means clustering. Hasil akhir penelitian ini adalah pengelompokan data barang yang paling banyak diminati, diminati dan kurang diminati, sehingga hasil ini dapat digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan strategi penjualan yaitu meningkatkan jumlah barang yang memiliki cluster paling banyak diminati, diminati dan mengurangi barang dengan posisi cluster yang kurang diminati. Hasil penelitian yang didapat bahwa penerapan data mining untuk menetukan strategi penjualan sparepart mobil pada PT. Tri Satya Manggala Medan dengan menggunakan metode k-means clustering dapat diterapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024