TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah
Vol 3 No 02 (2022): Tijatorana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

TINJAUAN ETIKA BISNIS SYARI’AH TERHADAP PENETAPAN HARGA DALAM JUAL BELI ONLINE

habibi, rakhmaan (Unknown)
Umam, Syafi'ul (Unknown)
Laili, Miftasari Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Etika bisnis syariah adalah sejumlah aturan-aturan perilaku etis dalam berbisnis yang dibungkus dengan nilai-nilai syariah yang mengedepankan halal dan haram. Perilaku etis adalah perilaku yang mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangannya.Yang lebih tepatnya jual beli online memiliki pengertian transaksi yang dilakukan oleh dua belah pihak tanpa bertemu langsung. Untuk melakukan negoisasi dan transaksi jual beli yang dilakukan melalui komunikasi seperti chat, telfon, sms, web dan lain sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan penetapan harga daam jual beli online di ilukba shop. Dan bagaimana tinjauan etika bisnis syariah terhadap penerapan penetapan harga dalam jual beli online di Ilukba shop. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui penerapan penetapan harga dalam jual beli online di Ilukba shop. dan untuk mengetahui tinjauan etika bisnis syariah terhadap penerapan penetapan harga dalam jual beli online di Ilukba shop.Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian (Field Research) yang bersifat kualitatif yang mana penelitiannya mampu menghasilkan data deskriptif baik berupa data tertulis maupun data lisan dari penelitian yang penulis amati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam penetapan penerapan penetahpan harga terdapat tiga komponen yakni yang pertama etika bisnis syariah sangatlah diperlukan dalam pelayanan berbisnis karena konsumen selalu ingin mendapatkan perlakuan yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah tercantum dalam prinsip-prinsip etika bisnis syariah. Yang kedua Karena ketika tanpa mengikuti aturan-aturan prinsip etika bisnis syariah akan mempengaruhi kepuasan konsumen yang mana didalam hasil penelitian penulis menemukan beberapan ketidak puasan konsumen dalam pelayanan pelaku usaha yakni dalam hal penyampaian informasi keterangan barang secara jelas, mendapatkan pelayanan yang tidak ramah tamah dan menerima barang yang tidak sesuai dengan keterangan. Dan yang ketiga dalam penetapan harga terdapat perbedaan dalam pemberian harga kepada konsumen yakni pelaku usaha memiliki dua kriteria dalam pemberian harga antara lain yang pertama reseller (orang yang menjual kembali dari supplier kepada konsumen), yang kedua harga customer (langsung beli kepada pelaku usaha tetapi untuk keperluan pribadi).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tijarotana

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Tentang jurnal ini, Penerbit : LPPM STIES BABUSSALAM TIJAROTANA : Jurnal berbahasa Indonesia ini diterbitkan sejak 01 Maret oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam, Kalibening Mojoagung Jombang. Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan di media lain. ...