Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk membekali guru ppkn dengan alternatif cara menanamkan nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kepustakaan, dimana data dikumpulkan dengan cara menggali berbagai informasi dari literatur. Hasil penelitian ini didapatkan ketika pengenalan nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaraNn PPKn berhasil, meskipun prosesnya tidak mudah. Hal ini dikarenakan masih terlalu banyak topik dan materi dalam mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa. Guru PPKn seperti halnya guru mata pelajaran harus mempelajari dengan seksama materi yang digunakan sebagai alat penanaman nilai-nilai demokrasi, karena tidak semua materi dapat digunakan. Metode yang digunakan untuk mendorong nilai-nilai demokrasi yang paling tepat adalah diskusi yang muncul dari karakteristik metode yang memungkinkan siswa menerapkan berbagai keterampilan sosial yang sesuai.
Copyrights © 2022