journal of social and economic research
Vol 5 No 2 (2023): JSER, December 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTUR MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Hasanul Irpando (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Purwantono (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Budi Syahri (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Junil Adri (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Pendidikan yang berkualitas bisa diperoleh melalui proses bembelajaran yang baik, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meraih tujuan proses belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni melihat pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis media visual mata pelajaran Teknik gambar manufaktur untuk meningkatan kompetensi siswa dari kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas XI Teknik Pemesinan 1 Grup B SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang berjumlah 15 orang. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan melakukan perencanaan, pelaksanaan, mengamati dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik analisa data yang dipakai yakni ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilaksanakan didapatkan hasil belajar dapat meningkat untuk siklus 2. Dari yang hanya mencapai nilai ketuntasan sebesar (53%) untuk aspek pengetahuan dan (60%) untuk aspek keterampilan pada siklus I. Di siklus II ada beberapa perbaikan dan refleksi agar hasil lebih memuaskan. Presentase pada siklus II meningkat sebesar (86,7%) untuk aspek pengetahuan dan (87%) untuk aspek keterampilan setelah model pembelajaran problem based learning diterapkan. Jadi, dapat diambil kesimpulan dimana secara keseluruhan mencapai keberhasilan dengan pembelajaran problem based learning yang ditemukan pelajaran yang dipakai dapat membantu hasil belajar pada Siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is published by Ikatan Dosen Menulis in collaboration with GoAcademica CRP. Publishing twice times a year, ie Issue 1 Issue 2 in June and December and already have a registration number p-ISSN: 2715-6117 and e-ISSN: 2715-6966 since ...