Joong-Ki
Vol. 4 No. 1: November 2024

Workshop Pembelajaran Matematika, Sains, dan Komputasi bagi Guru dan Siswa di SMK Nurul Huda Pringsewu

Agus Irawan (Institut Bakti Nusantara)
Asmiati Asmiati (Universitas Lampung)
Nuning Nurcahyani (Universitas Lampung)
Nurhasanah Nurhasanah (Universitas Lampung)
Junaidi Junaidi (Universitas Lampung)
Favirusen Rosyking Lumbanraja (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Nurul Huda Pringsewu memiliki empat jurusan, yaitu Asisten Perawat, Farmasi, Multimedia, dan Teknik Kendaraan Ringan. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata hanya sekitar 34% lulusan SMKS Nurul Huda Pringsewu yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Perlu adanya pembinaan terintegrasi untuk meningkatkan keinginan para siswa melanjutkan pendidikannya. Pelaksanaan pengabdian ini menitik beratkan pada pembinaan komprehensif guru dan siswa. Pembinaan guru meliputi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan permasalahan matematika, sains, dan komputasi. Pembinaan siswa meliputi motivasi cara belajar yang efektif untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat serta memberikan wawasan aplikasi matematika pada sains dan komputasi. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh bahwa nilai tes akhir berbeda sangat signifikan dengan nilai tes awal setelah dilakukan workshop.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Ruang lingkup Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat yakni dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan kesehatan dan bidang lainnya ...