Pedagogy: Journal of Multidisciplinary Education
Vol. 1 No. 2 (2024): November 2024

Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Pola Bilangan  Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sinjai

Khaerah, Almi (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam memahami materi pola bilangan. Penelitian ini diselenggarakan di UPTD SMPN 1 Sinjai, sebuah institusi pendidikan menengah pertama di Kabupaten Sinjai. Metode penelitian ini merupakan studi kasus yang mengadopsi pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di UPTD SMPN 1 Sinjai. Sementara itu, objek penelitian ini adalah kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi mengenai pola bilangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  tes dan wawancara. Soal essai tentang pola bilangan digunakan sebagai tes diagnostik. Wawancara semi terstruktur dilakukan untuk menggali data lebih jauh. Dari analisis dan diskusi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tantangan utama siswa terletak pada proses menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan  (1) Siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam permasalahan tersebut; (2) Siswa kesulitan mengidentifikasi pertanyaan; (3) Siswa kurang teliti dalam menuliskan rumus yang digunakannya; (4) Siswa belum memahami konsep menjawab pertanyaan; (5) Siswa mengalami kesulitan dalam proses pengoperasian. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar pada materi pola bilangan antara lain dengan penguatan konsep dasar, pendekatan pengajaran yang berbeda, latihan dan pengulangan serta pengembangan sumber belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pedagogy

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The ...