eCo-Buss
Vol. 7 No. 2 (2024): eCo-Buss

Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Transportasi Online (Studi Pengguna Grab di Kota Cirebon)

Adelia Puspita (Universitas Catur Insan Cendekia)
Chandra Lukita (Universitas Catur Insan Cendekia)
Sudadi Pranata (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana harga, promosi, dan kualitas layanan mempengaruhi kepuasan konsumen dalam transportasi online, khususnya pelanggan Grab di Kota Cirebon. Studi asosiatif ini dapat menciptakan topik penelitian untuk menentukan hubungan variabel dan pengaruhnya terhadap variabel independen dan dependen. Kuesioner diberikan kepada pengguna Grab di Kota Cirebon dengan 100 tanggapan untuk penyelidikan kuantitatif ini. Penelitian ini menggunakan Uji Validitas (validitas konvergen, validitas diskriminan (Uji HTMT, Kriteria Fornell-Larcker, dan Cross Loading), Uji Reliabilitas, Uji Normalisasi, Uji Multikolinearitas, Uji Regresi Parsial (Uji T), Uji Kelayakan Model (Uji F) maupun uji Koefisien Determinasi. Data penelitian diolah menggunakan SmartPLS 4. Variabel independen penelitian ini adalah harga (X1), promosi (X2) maupun kualitas layanan (X3), dan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan (Y). dan kualitas layanan memiliki efek positif dan substansial. Penelitian memperlihatkan bahwa harga, promosi maupun kualitas layanan mempengaruhi kepuasan konsumen secara bersamaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...