Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

STUDI KASUS SISWA SUKU SAKAI “MOTIVASI DAN KARAKTER SISWA”

Tuti Karyawati (Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Masrul Masrul (Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Imam Hanafi (Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik motivasi belajar siswa suku Sakai di SDN 17 Kundur, menggali dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa, serta mengkaji peran guru dalam membangun motivasi dan karakter siswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan hambatan dalam mengembangkan motivasi dan karakter siswa, serta merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan pembentukan karakter positif siswa suku Sakai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa suku Sakai dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, termasuk peran guru yang signifikan dalam membangun motivasi dan karakter positif siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan strategi pengajaran yang efektif serta kebijakan pendidikan yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa dari latar belakang budaya minoritas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...