Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi bilangan bulat di SMP Negeri 2 Bantan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain Pretest-Posttest control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas VIIA berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan Model PjBL dan kelas VIIB berjumlah 29 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep dan tes berpikir kritis yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U untuk menguji perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa yang menggunakan Model PjBL dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa Model PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Dengan demikian, disarankan kepada guru untuk menerapkan Model PjBL dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024