Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) terhadap minat belajar dan kemampuan imajinatif siswa kelas IV di SDN 26 Bantan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes minat belajar dan kemampuan imajinatif yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi AR. Hasil analisis data menggunakan uji Paired T-Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kedua variabel tersebut setelah penerapan AR. Nilai signifikansi untuk minat belajar adalah 0.000 (p < 0.05) dengan rata-rata perbedaan sebesar -22.941, sedangkan untuk kemampuan imajinatif juga menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05) dengan rata-rata perbedaan sebesar -21.000. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan kemampuan imajinatif siswa secara signifikan.
Copyrights © 2024