Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak peran organisasi kepala sekolah terhadap integritas dan pengelolaan kelas guru sekolah dasar. Peran organisasi kepala sekolah mencakup penetapan pola perilaku, nilai-nilai, dan norma yang diadopsi oleh seluruh anggota sekolah. Kepala sekolah bertindak sebagai pemimpin dalam menciptakan dan mempengaruhi budaya organisasi di dalam sekolah. Sikap dan tindakan mereka menjadi contoh bagi seluruh anggota sekolah, termasuk guru, dalam membentuk integritas dan praktik pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel guru dari berbagai sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada guru, menilai pengelolaan kelas dan integritas mereka sebelum dan sesudah penerapan strategi organisasi oleh kepala sekolah. Temuan menunjukkan bahwa peran organisasi kepala sekolah secara signifikan meningkatkan integritas dan kemampuan pengelolaan kelas guru sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi manajemen pendidikan, khususnya dalam implementasi peran organisasi oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah dasar
Copyrights © 2024