Belum diketahuinya seberapa besar pengaruh penggunaan media papan sumber daya alam dalam pembelajaran ipas kelas IV SD Negeri 99 Palembang tehadap minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media papan sumber daya alam dalam pembelajaran ipas kelas IV SD Negeri 99 Palembang terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen. Rancangan pendekatan kuantitatif pre-eksperimen menggunakan one- group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 99 Palembang yang berjumlah 71 siswa, dengan sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik sampling purposive yang berjumlah 24 siswa pada penentuan jumlah sampel dengan mempertimbangkan siswa yang pernah mengikuti pembelajaran sumber daya alam. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sampel t-test dengan berbantuan SPSS. Pengaruh penggunaan media papan sumber daya alam terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran ipas kelas IV SD Negeri 99 Palembang menunjukkan hasil penelitian pada rata-rata minat belajar siswa pada angket pretest sebesar 44,54 dan angket posttest 50,25 dengan jumlah sampel 24 siswa, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media papan sumber daya alam terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Palembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024