Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia terhadap motivasi belajar matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 21 Bengkalis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas V SDN 21 Bengkalis. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi matematika dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam motivasi belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan model PBL berbantuan multimedia, dengan nilai mean difference -4,571 (p < 0,001). Selain itu, terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah penerapan model PBL berbantuan multimedia, dengan nilai mean difference -29,762 (p < 0,001). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan multimedia berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 21 Bengkalis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024