Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 8 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Model PjBL Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 21 Bengkalis

Nur Huda (Unknown)
Nurmalina Nurmalina (Unknown)
Ramdhan Witarsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar dan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 21 Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menerapkan model PjBL, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan menulis dan kuesioner motivasi belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar dan keterampilan menulis siswa yang belajar dengan model PjBL dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Temuan ini memberikan implikasi positif bagi penerapan PjBL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...