Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap motivasi dan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan dasar. Gaya kepemimpinan demokratis dicirikan oleh partisipasi aktif dan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan sekolah serta perencanaan pembelajaran, yang memberikan ruang bagi kreativitas dan inisiatif guru. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan sampel guru di beberapa sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan demokratis. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi kerja dan kompetensi pedagogik guru. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi kepala sekolah dalam mengembangkan strategi kepemimpinan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2024