Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar serta tes kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematika. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa minat belajar memiliki korelasi positif tidak signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah (r = 0,167, p = 0,047), serta korelasi positif signifikan dengan kemampuan pemahaman konsep (r = 0,371, p = 0,038). Indikator minat belajar seperti rasa suka, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar ditemukan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika, namun tidak cukup kuat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menyarankan agar guru terus meningkatkan minat belajar siswa melalui metode pengajaran yang interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika.
Copyrights © 2024