Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 8 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Membaca dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Rumi Susanti (Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Masrul Masrul (Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Imam Hanafi (Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan membaca dan berbicara siswa kelas 1 SD Negeri 1 Tanjung Samak. Menggunakan desain eksperimen semu one group pretest-posttest dengan sampel 30 siswa, studi ini menerapkan model CTL dan mengukur perubahan kemampuan siswa melalui tes membaca dan berbicara. Hasil analisis menggunakan Paired T-Test menunjukkan peningkatan signifikan pada kedua kemampuan, dengan rata-rata skor membaca meningkat dari 57,50 menjadi 71,90 dan berbicara dari 58,50 menjadi 72,90 (p < 0,05). Penurunan standar deviasi juga menunjukkan pengurangan kesenjangan kemampuan antar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model CTL efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan berbicara siswa serta memperkecil variasi kemampuan dalam kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...