Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI SDN 7 Bengkalis. Metode demonstrasi merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan penggunaan contoh nyata atau demonstrasi langsung untuk memperlihatkan konsep, proses, atau prinsip tertentu kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VI SDN 7 Bengkalis yang dipilih secara acak. Data penelitian dikumpulkan melalui angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah penerapan metode demonstrasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif sebelum dan sesudah penerapan metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode demonstrasi terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Minat belajar siswa meningkat setelah penerapan metode demonstrasi, yang ditunjukkan dengan skor rata-rata yang lebih tinggi pada angket minat belajar setelah penerapan metode. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor pada tes kemampuan berpikir kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VI SDN 7 Bengkalis.
Copyrights © 2024