Partisipasi masyarakat merupakan keterlibatan atau keikutsertaan seseorang masyarakat dalam proses interaksi sosial, pengidentifikasian masalah dan potensi yang ada di masyarakat dalam situasi tertentu, baik dalam pengambilan keputusan (solusi) menangani masalah, pelaksanaan upaya mengatasi masalah, dan proses keterlibatan masyarakat dalam mengevaluasi perubahan yang terjadi. (Mustanir & Abadi, 2017). Hasnada (2022) dan Sari (2016) masing-masing mengeksplorasi pengaruh partisipasi pelanggan dan akuntansi sektor publik terhadap kinerja pelayanan publik. Hasnada (2022) menekankan pentingnya partisipasi pelanggan dengan meningkatkan proses penganggaran dalam pelayanan publik, sedangkan Sari (2016) menyoroti peran akuntansi sektor publik dalam perencanaan anggaran yang efektif. Sastryawanto (2017) membahas lebih lanjut perlunya penganggaran yang efektif di tingkat kabupaten untuk meningkatkan penyampaian layanan publik. Studi-studi ini secara kolektif menggarisbawahi pentingnya partisipasi pelanggan, akuntansi sektor publik, dan penganggaran yang efektif dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik.
Copyrights © 2024