Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 9 (2024): NOVEMBER 2024

Pembelajaran Interaktif Berbantuan Bamboozle Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN Tembong 2

Laelatul Munawaroh (Unknown)
Siti Nurafiah (Unknown)
Patra Aghtiar Rakhman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran interaktif berbasis teknologi mampu merangsang minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan permaslahan yang ditemukan pada kelas IV SDN Tembong 2 Kota Serang, pembelajaran IPAS di kelas IV menunjukkan minat belajar siswa yang kurang. Faktor penyebab kurangnya minat belajar siswa yaitu metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, kurangnya rasa ingin tahu dan antusiasme siswa dan ketidaksiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tembong 2 menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan memperoleh informasi dari narasumber. Peneliti menggunakan instrumen penelitian seperti: pedoman wawancara, dokumentasi dan recorder. Data pendukung penelitian ini diperoleh dari artikel, buku yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Setelah diterapkannya pembelajaran berbantuan website Bamboozle dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SDN Tembong 2 pada mata pelajaran IPAS, menunjukkan hasil positif dalam motivasi belajar siswa. Pembelajaran ini dirancang secara bertahap sesuai dengan modul ajar PjBL yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran melalui proyek nyata berupa flashcard pengaruh gaya terhadap benda. Pembelajaran interaktif dan berbasisi proyek tidak hanya mempermudah dan membantu siswa dalam memahami materi, tetapi juga melatih keteramilan abad 21 seperti kolaborasi, kreativitas, berpikir kritis dan komunikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...