Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry learning. Selanjutnya untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode inquiry learning pada mata pelajaran fiqih serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih menggunakan metode inquiry learning. Mata pelajaran fiqih merupakan salah satu mata pelajaran yang mempelajari hukum islam yang berkaisan dengan ibadah dan muamalah, yang bertujuan untuk membentuk sikap serta perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama islam. Namun dalam pelaksanaanya sering kali ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran fiqih di sekolah, salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah rendahnya hasil belajar dikarenakan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Oleh Karena itu, metode pembelajaran inquiry learning sangat mendukung dalam proses keberhasilan belajar peserta didik Karena melibatkan siswa secara aktif. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif deskriptif yang mana dirancang untuk menguji hipotesis, sebab-akibat dengan mengontrol variabel-variabel tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode inquiry learning pada mata pelajaran fiqih memiliki nilai rata-rata dan persentase yang tinggi. Pengetahuan memperoleh rata-rata 3,86 dengan persentase 77,19%, sementara pemahaman mencatat rata-rata tertinggi yaitu 4,14 dan persentase 82,81%. Indikator aplikasi dan analisis masing-masing memiliki rata-rata 4,02 dan 4,04 dengan persentase 80,35% dan 80,70%. Selain itu, sintesis mencatat rata-rata 3,91 dengan persentase 78,25%, sedangkan evaluasi juga mendapatkan rata-rata 4,04 dan persentase 80,70%. Rata-rata keseluruhan dari semua indikator adalah 4,00 dengan persentase 80,00%. Dan uji determinasi menunjukan nilai r square sebesar 85,2%, maka ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran inquiry learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sangat kuat.
Copyrights © 2024