Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.5, Mei 2016

LEVEL BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELE BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM HASANUDDIN DAU MALANG

Itsnaniya Fatwa Nurani (Mahasiswa Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negri Malang)
Edy Bambang Irawan (Dosen Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negri Malang)
Cholis Sa’dijah (Dosen Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negri Malang)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Level of geomatri Van Hiele stated that a person will go through five level of development, those were; level 0 (visualization), level 1 (analysis), level 2 (informal deduction), level 3 (deduction), and level 4 (rigor). The purpose of this study was to determine and describe the Van Hiele geometric thinking levels by gender in class VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. The method used in this research was descriptive qualitative. The instrument used was Van Hiele Geometry Test (VHGT) and interviews. The tests and interviews were conducted to 6 students which consited of 3 male and 3 female whose  high, medium and low ability. The results showed that the student reached judging from the gender, female students whose high ability reached level 1 (analysis) while low ability female students were at level 0 (visualization). High ability male students were at level 1 (analysis) while male students whose low ability was at level 0 (visualization).Tahap perkembangan berpikir  geomatri Van Hiele menyatakan bahwa seseorang akan melalui lima tahap perkembangan yaitu  level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan level berpikir geometri Van Hiele berdasarkan gender pada siswa kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir geometri Van Hiele Geometry Test (VHGT) dan wawancara. Pemberian tes dan wawancara dilakukan kepada 6 orang siswa yaitu 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki yang masing-masing berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditinjau dari gender siswa perempuan berkemampuan tinggi dan sedang berada pada level 1 (analisis) sedangkan siswa perempuan berkemampuan rendah berada pada level 0 (visualisasi). Siswa laki-laki bekemampuan tinggi dan berada pada level 1 (analisis) sedangkan siswa laki-laki berkemampuan sedang dan rendah berada pada level 0 (visualisasi).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...