JABE (Journal of Accounting and Business Education)
2015: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPA): Vol. 2, No. 4, September 2015

MEDIA PRESENTASI PREZI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Sumadi, Sumadi (Unknown)
Saputri, Indri Juriana (Unknown)
Irafahmi, Diana Tien (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media presentasi prezi yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan mengetahui efektivitas media dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Malang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall (1983). Tahapan yang digunakan meliputi: 1) analisis kebutuhan awal, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, 4) revisi produk I, 5) uji coba lapangan, 6) revisi produk II, dan 7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media presentasi prezi pada mata pelajaran Akuntansi ini valid/ layak digunakan, terbukti dengan skor penilaian oleh ahli media sebesar 96,84% (valid/ layak digunakan); ahli materi sebesar 89,00% (valid/ layak digunakan); skor uji coba pengguna siswa sebesar 89,53% (valid/ layak digunakan); dan uji coba pengguna guru sebesar 86,89% (valid/ layak digunakan). Pada uji coba lapangan, dari hasil pengolahan data Paired Sample T-Test untuk motivasi siswa diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga media presentasi prezi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran yang diajukan untuk pengembangan berikutnya yaitu mengembangkan media presentasi prezi dengan materi lain dan menggunakan kurikulum 2013.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jabe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JABE (JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS EDUCATION), p-ISSN 2528-7281 and e-ISSN 2528-729X is a blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (March and September). JABE aims to help researchers publish their work for wider audience and discover new connections. We Consider ...