Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Mataram

Lamhabaha, Naba Nunun (Unknown)
Baidowi, Baidowi (Unknown)
Suntoko, Muhammad Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika di kelas VIII D SMPN 1 Mataram, di mana pemahaman siswa terhadap materi kurang dan metode ceramah yang lebih dominan digunakan. Pendekatan kontekstual, yang menghubungkan materi akademik dengan konteks kehidupan nyata siswa, mengaktifkan mereka dalam proses belajar, dan meningkatkan pemahaman serta aplikasi konsep yang dipelajari, diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin, yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan tes, dengan instrumen berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar kerja siswa. Pada siklus I, sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 52,06 dan hanya 4 siswa yang tuntas. Siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 67,25 dengan 13 siswa tuntas. Pada siklus III, persentase ketuntasan meningkat menjadi 80,56% dengan nilai rata-rata 78,11 dan 29 siswa tuntas. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil karena persentase ketuntasan melebihi 80%, yang membuktikan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D SMPN 1 Mataram.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...